Rabu, 11 April 2012

BKM PUSPAMANDIRI SIAP MENJALIN KEMITRAAN




Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) – Mandiri Perkotaan di Kelurahan Puspanegara dimulai sejak tahun 2009, sebagai suatu upaya dari pemerintah untuk membangun kemandirian masyarakat dan pemerintah daerah dalam penanggulangan kemiskinan secara mandiri. Program ini berorientasi pada penyiapan landasan kemandirian masyarakat melalui pembangunan dan pengokohan kelembagaan masyarakat  yang representative, mengakar dan dipercaya bagi perkembangan modal sosial masyarakat serta penyiapan landasan kemitraan dengan pemerintah daerah dan kelompok peduli.
Lembaga masyarakat tersebut (Badan Keswadayaan Masyarakat – BKM) dibangun melalui penyadaran kritis penggalian nilai-nilai kemasyarakatan dan kemanusiaan yang tercermin dari pelaksanaan siklus kegiatan di masyarakat. Hal itu yang menjadi dasar dari pembentukan modal sosial yang sangat dibutuhkan dalam penanggulangan kemiskinan.
BKM selanjutnya secara partisipatif dengan melibatkan masyarakat, aparat kelurahan dan kelompok peduli di wilayahnya menyusun Perencanaan Jangka Menengah Program Penanggulangan Kemiskinan (PJM Pronangkis). PJM Pronangkis inilah yang dijadikan acuan penanggulangan kemiskinan di wilayahnya secara mandiri. 
Kemitraan dengan CSR PT. Indocement, Tbk


Melalui PNPM – Mandiri, baru sebagian kecil kegiatan dari PJM Pronangkis yang dapat direalisasikan. Sehingga, harus diupayakan pendanaannya melalui sumber-sumber lain, berdasarkan hasil inisiatif dari masyarakat dan fasilitasi dari pemerintah daerah melalui kerjasama kemitraan (chanelling).
Tujuan utama dari chanelling adalah BKM (termasuk UP-UP) mampu mengidentifikasi semua peluang yang dapat diakses BKM dari berbagai pihak (sumber daya potensial), memperoleh pembelajaran dalam hal pelaksanaan penyaluran program kegiatan aspek tridaya serta memperoleh peningkatan pengetahuan dan kemampuan dalam pengelolaan administrasi dan kegiatan. Selain itu, BKM dapat merealisasikan kegiatan sesuai yang tertuang dalam PJM Pronangkis dengan dukungan sumber daya dari luar.
Kemitraan dengan BPR LPK Citeureup



Kami, selaku pengurus BKM Puspamandiri selalu membuka diri, serta bersinergi kepada semua pihak, baik swasta maupun pemerintah untuk memajukan masyarakat. Tercatat, beberapa perusahaan di sekitar Puspanegara telah bersedia menjadi mitra BKM dalam melaksanakan kegiatannya seperti, PT. Indocement, PT. Tonggak Ampuh, PT. Indolacto, Apotek Tanjakan Puspa, Bimbel “Prestasi Plus”, Eka Motor Service dan lain sebagainya.
Kepada semua perusahaan-perusahaan swasta, terutama program CSR (Corporate Social Responsibility), kami tunggu kemitraannya, bersama BKM Puspamandiri, kita bangun masyarakat ke arah yang lebih baik.

0 komentar:

Posting Komentar