Selasa, 10 April 2012

SEKILAS TENTANG PELATIHAN WIRAUSAHA BKM PUSPAMANDIRI TAHUN 2012


Kewirausahaan merupakan salah satu faktor penentu kemajuan bangsa, karena perkembangan masyarakat salah satunya ditentukan oleh tingkat ekonomi masyarakat, dan kewirausahaan menjadi tolak ukur kemandirian, semakin banyak masyarakat yang berwirausaha, semakin banyak perputaran ekonomi masyakarat, sehingga berimplikasi pada peningkatan ekonomi masyarakat. Selain  itu pula, sebenarnya para wirausahawanlah yang ikut membantu mengurangi angka pengangguran, dengan banyak dibukanya lapangan pekerjaan baru, maka semakin banyak menyerap tenaga kerja, sehingga tingkat pengangguran di masyarakat sedikit demi sedikit bisa berkurang.
Pengarahan dari panitia

Wirausaha adalah orang yang menjalankan usaha atau perusahaan dengan kemungkinan untung atau rugi dengan penuh kreatif dan berani berusaha, yang mempunyai kemampuan untuk menghasilkan produk baru, menentukan cara produksi baru, pengelolaan perusahaan hingga memasarkan produknya.
Berwirausaha mempunyai peranan yang penting, yaitu seorang Wirausaha dapat mencapai financial secara tak terbatas, seorang wirausaha akan mempunyai jam kerja yang bebas, tidak terikat jam kantor, serta bebas dari pelanggaran disiplin kantor. Kemudian juga memberikan peluang kepada orang lain untuk mengembangkan usaha juga, paling tidak memberi peluang kepada orang lain mendapatkan penghidupan dari usaha yang kita jalankan dengan menjadi karyawan.
Materi dari Diskoperindag Kab. Bogor

Menurut data Badan Pusat Statistik, hingga Februari 2011, jumlah pengangguran di Indonesia mencapai 8,12 juta orang. Jumlah ini menurun 470 ribu orang dibandingkan Februari 2010 yang sebanyak 8,59 juta orang. Dari 8,32 juta orang pengangguran di Indonesia sampai Agustus 2010, ternyata paling banyak didominasi para lulusan sarjana dan diploma. Hal ini merupakan fakta yang mencengangkan, karena jumlah pengangguran di Indonesia didominasi oleh kaum terdidik. Ini menjadi pekerjaan rumah bagi semua kalangan, dari institusi pemerintah hingga lembaga pendidikan. 
Melihat fenomena ini, kami selaku pengurus BKM (Badan Keswadayaan Masyarakat) Puspamandiri Kel. Puspanegara bermaksud untuk mengadakan pelatihan kewirausahaan, secara bertahap dan konfrehensif. Dengan harapan dapat memberikan stimulasi kepada masyarakat untuk berwirausaha. Lebih dari itu masyarakat yang sudah memiliki usaha dapat mengembangkan usahanya menjadi lebih maju, sehingga dapat menyerap tenaga kerja lebih banyak lagi. Sehingga tingkat ekonomi masyarakat dapat lebih baik lagi.
Kegiatan ini berbentuk pelatihan yang dibagi menjadi beberapa subtema yaitu:
1.      Membangun Karakter Wirausaha
Karakter Seorang wirausahawan sangat berperan dalam membangun mental seseorang, terutama dalam bidang kewirausahaan. Sabar dan pantang menyerah, merupakan salah satu karakter yang harus ada di dalam diri seorang wirausahawan.
2.      Membidik Peluang Wirausaha
Peluang wirausaha di masa sekarang ini sangat banyak, perlu keterampilan untuk memilah dan memilih peluang, serta bidang apa yang akan digeluti dalam menjalani wirausaha.
3.      Memulai Wirausaha
Salah satu hal yang berat bagi seorang pemula atau orang yang akan berwirausaha adalah memulainya. Bagi sebagian orang, hal ini merupakan sesuatu yang berat. Analisis dan perhitungan yang matang sangat diperlukan, tetapi yang lebih penting lagi adalah ketika memulainya. Perhitungan dan analisa tidak akan berguna, apabila tidak sesegera mungkin melaksanakannya.
4.      Pengelolaan Badan Usaha
Pengelolan badan usaha menjadi faktor penting bagi kelangsungan sebuah usaha, usaha akan tetap berjalan apabila dikelola dengan baik, manajemen dan pengelolan keuangan menjadi faktor penentu dalam pengelolaan sebuah badan usaha.
5.      Pengembangan Badan Usaha
Pengembangan usaha merupakan tolak ukur dalam keberhasilan suatu badan usaha. Suatu usaha dapat dikatakan berhasil apabila usaha tersebut dapat berkembang, tidak statis pada satu titik saja, melainkana dapat  memperluas bidang usahanya, membuka cabang, atau memperbesar aset usahanya.

0 komentar:

Posting Komentar