Senin, 09 April 2012

PELATIHAN WIRAUSAHA 2012; MOMENTUM PEMBERDAYAAN DI BIDANG EKONOMI

Di tahun 2012, BKM Puspamandiri kembali menggulirkan salah satu programnya, yaitu program sosial. Setelah sukses di tahun yang lalu, dengan pelatihan Komputer dan Internet, BKM (Badan Keswadayaan Masyarakat) Puspamandiri kembali menyelenggarakan pelatihan. Pada kesempatan kali ini, bertemakan pelatihan kewirausahaan, yang diselenggarakan dari tanggal 11, 18 dan 25 Maret 2012 bertempat di SDN Puspanegara 8.
Pelatihan yang berlangsung selama 3 hari ini, cukup diminati oleh masyarakat Puspanegara, bahkan lebih dari itu, masyarakat yang berada di luar kelurahan puspanegara pun, ada yang berminat mengikuti kegiatan ini. Peserta merupakan warga masyarakat yang mendapat pinjaman modal usaha dari bkm puspamandiri, undangan dan masyarakat umum, baik dari kelurahan puspanegara maupun dari luar puspanegara. Tak kurang dari 35 peserta antusias mengikuti acara ini.
registrasi peserta
Materi yang diusung juga cukup berbobot, diantaranya motivasi berwirausaha, yang disampaikan oleh Drs. Akhiruddin, selaku Dinas Koperasi Perindustrian dan perdagangan Kab. Bogor, manfaat komunitas usaha oleh Bambang Nugroho Yulianto selaku wakil dari CSR PT. Indocement, dan sharing bersama UKM binaan CSR PT Indocement. Di minggu kedua, kiat-kiat berwirausaha menjadi materi pembuka yang disampaikan oleh M. Arif, SHI. Kemudian dilanjut di sesi kedua dengan pengelolaan keuangan usaha yang disampaikan oleh Apon Panjaulu,SE. Di minggu yang ketiga, sekaligus yang terakhir, peserta di beri kesempatan untuk sharing dengan pengusaha. Di sesi pertama ini, panitia menghadirkan Cucu Haris, SE selaku pemilik kedai Mie Janda dan Sih Surawiyanto selaku pengusaha cinderamata. Selepas istirahat siang, pelatihan kembali dilanjutkan dengan materi pengembangan usaha, yang disampaikan oleh Bachrum Suraatmaja, SE, selaku kepala BPR LPK Citeureup.
sebagian peserta pelatihan
Disamping memberikan materi yang berkaitan dengan kewirausahaan, acara ini pun menghadirkan para  wirausawan supaya dapat dijadikan sebagai contoh bagi para peserta, selain itu, panitia pun membuka peluang pinjaman usaha bagi peserta, diantaranya melalui PNPM (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat) – Mandiri Kelurahan Puspanegara, BPR LPK Citeureup, dan CSR PT Indocement, dengan aturan dan syarat yang berlaku sesuai dengan kebijakan masing-masing.
acara pelatihan wirausaha
  
Di akhir acara, panitia juga membagikan bingkisan bagi peserta terbaik, hadiah hiburan untuk peserta yang bisa menjawab kuis dengan benar, tak kurang dari 5 bingkisan yang diberikan panitia kepada para peserta. Selain itu pula, upk (unit pengelola keuangan) bkm puspanegara menyerahkan bantuan pinjaman modal kepada 4 ksm (kelompok swadaya masyarakat) yang tersebar di wilayah puspanegara. Acara yang berlangsung selama 3 hari, di setiap hari minggu itu berlangsung dengan lancer. Terima kasih sebesar-besarnya kami ucapkan kepada CSR PT. Indocement, BPR LPK Citeureup, Apotek Tanjakan Puspa, Eka Motor Service, Tonggak Ampuh, Bimbel “Prestasi Plus”, Mie Janda, Diskoperindag Kab. Bogor, Bogor TV, segenap aparatur pemerintah, tokoh masyarakat, dan semua pihak yang tidak dapat kami ucapkan satu persatu, yang telah ikut mendukung terselenggarannya acara ini. Semoga di kesempatan mendatang, acara pelatihan seperti ini dapat diselenggarakan lagi, dengan lebih baik lagi tentunya. (rahmat)

0 komentar:

Posting Komentar